Tahun Baru Lagi…?

Warga di seluruh dunia sedang menyambut datangnya tahun baru 2011, berbagai pernak pernik mulai bermunculan mulai dari supermarket hingga di pinggir jalan tersedia di sana. Hal yang menjadikan ciri khas yang tak boleh ketinggalan alias wajib, yaitu Terompet. Terompet menjadi barang yang paling diburu oleh para insan yang ingin merayakan tahun baru masehi 2011.



Menurut saya Tahun baru memiliki makna luas, dengan tahun baru membuat kita memiliki harapan baru, memiliki mimpi baru, dan lain-lain yang baru di tahun di tahun depan. Tetapi jika kita mau menyelami lebih dalam makna tahun baru, sebenarnya tahun baru memiliki makna yang dalam dan ini alangkah baiknya kita sikapi dengan lebih banyak instropeksi diri. Mengkoreksi apa saja yang telah kita lakukan di tahun ini, agar tahun depan bias kita rubah untuk menjadi yang lebih baik. Tetapi di kenyataan pada umumnya moment tahun baru masehi disikapi dengan bersenang senang menghabiskan sepanjang malam dengan berjalan-jalan atau apapun kegiatannya, yang jelas lebih bersenang-senang. Alangkah baiknya jika malam tahun baru masehi ini disikapi dengan mengelar acara yang bermanfaat yang lebih bersifat perenungan diri yang jauh dari hal-hal yang bersifat bersenang-senang.

Berbicara tentang tahun baru masehi tentunya berkaitan dengan seluruh dunia, hal ini disebabkan hamper seluruh dunia merayakan tahun baru masehi secara bersamaan. Yang menjadi pertanyaan apa yang membedakan tahun bari masehi dengan tahun baru yang lain sebagai contohnya tahun baru Islam. Islam memiliki penanggalan sendiri, tahun baru Islam tentu berbeda dengan tahun baru Masehi. Tahun baru Islam untuk umat Islam sedangkan Tahun baru masehi untuk umum atau nasional (Jawa). Hal yang membedakan pada kedua tahun baru ini menurut saya pada bagaimana menyikapi moment tahun baru itu sendiri. Jika Tahun baru Islam disikapi dengan diadakan pengajian atau pun tirakatan (jawa). Sedangkan di tahun baru masehi hal itu jarang ditemui, walaupun mungkin ada beberapa yang mengadakan pengajian.

Tahun baru diiringi dengan jiwa baru, dengan semangat yang selalu diperbarui. Semangat dan jiwa baru lahir sebenarnya tanpa harus menunggu tahun baru. Tahun baru merupakan sebuah peringatan bagi kita semua bahwa pada hakekatnya masa aktif kita di dunia ini mulai berkurang. Semoga kita bisa menjadi insan yang lebih baik dan lebih baik dan bias bermanfaat bagi insan yang lain. Selamat Tahun Baru Masehi 2011.

Comments